oleh

Anies Sebut 283 Warga Jakarta Dimakamkan dengan Protokol COVID-19

-Berita, Nasional-220 views

JAKARTA, BERITA INDONESIA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta mencatat sebanyak 283 jenazah warga Jakarta telah dimakamkan kurang dari 4 jam selepas wafat, dibungkus plastik, menggunakan peti, dan petugas pemakamannya mengenakan alat pelindung diri ( APD) sesuai dengan protokol pemulasaran jasad COVID-19.

Meski begitu, belum bisa dipastikan apakah mereka semua benar-benar terinfeksi virus corona atau tidak.

“Ini adalah mungkin mereka yang belum sempat dites karena tidak bisa dites atau sudah dites tapi belum ada hasilnya,” ujar Anies saat menyampaikan keterangan pers di Balaikota, Jakarta, Senin (30/03/2020).

Data itu dicatat dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta dalam kurun waktu tak sampai sebulan, yakni pada rentang 6-29 Maret 2020.

“Ini menggambarkan bahwa situasi di Jakarta terkait dengan Covid-19 amat mengkhawatirkan. Karena itu saya benar-benar meminta kepada seluruh masyarakat Jakarta, jangan pandang angka ini sebagai angka statistik,” jelas Anies.

Melihat angka kematian yang besar itu, Anies menyebut kondisi Jakarta sedang tidak baik-baik saja dan dalam level mengkhawatirkan.

“Hal ini menggambarkan bahwa situasi di Jakarta sangat mengkhawatirkan,” kata Anies.

Anies meminta warga DKI Jakarta untuk bersama-sama melawan COVID-19 dengan mengikuti seluruh instruksi upaya pencegahan dengan melakukan pembatasan aktivitas, atau yang dikenal sebagai physical atau social distancing.***

Breaking News