oleh

Ayu Maulida Jadi Puteri Indonesia 2020

JAKARTA, BERITA INDONESIA – Raden Roro (Rr) Ayu Maulida Putri dari Jawa Timur. Wanita yang akrab disapa Ayuma ini berhasil meraih gelar Puteri Indonesia 2020, dengan mengalahkan 39 finalis Puteri Indonesia yang mewakili 34 provinsi di Indonesia. Acara Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2020 itu berlangsung di Jakarta Convention Center pada Jumat (6/3/2020) malam.

Lolos jadi pemenang, Ayuma berhak mengenakan Mahkota Borobudur yang disematkan langsung oleh Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Full dan selempang Puteri oleh Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi.

Selain Ayuma, kemenangan juga diraih oleh Putu Ayu Saraswati dari Bali sebagai Runner Up 1 Puteri Indonesia 2020, sekaligus menyandang gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2020.

Sedangkan Jihane Almira Chedid yang mewakili Jawa Tengah meraih gelar Runner Up 2 Puteri Indonesia 2020 dan menyandang Puteri Indonesia Pariwisata 2020.

Rr. Ayu Maulida Putri adalah sosok wanita yang lahir pada 11 Juli 1997 di Surabaya, Jawa Timur. Sebelum dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2020, sejak kecil dia sudah memiliki impian sebagai model profesional. Ia bahkan sempat menyabet Juara 2 Lomba Hijab Sanggarwati saat masih duduk di bangku kelas 5 sekolah dasar.

Peraih Puteri Indonesia 2020 ini merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Sosoknya dalam dunia modeling memang sudah tak asing lantaran kerap memeragakan karya-karya desainer kondang, seperti Poppy Dharsono, Agnes Budisurya, Barli Asmara, dan lain-lain.

Rr. Ayu Maulida Putri berhasil mengungguli Jihane Almira Chedid wakil dari Jawa Tengah dan Putu Ayu Saraswati wakil dari Bali.

Kesuksesan Ayu dinobatkan menjadi Puteri Indonesia 2020 berkat jawabannya yang dari pertanyaan yang dilontarkan oleh Putri Kuswisnu Wardana selaku Penasihat Utama Yayasan Puteri Indonesia.

“Ayu Maulida, sering dikatakan bahwa kebahagian tidak berarti apa-apa bila tidak bisa dibagikan kepada orang lain. Apa arti bahagia bagi dirimu?” tanya Putri.

Bagi Ayu, bahagia adalah di mana kita selalu bersyukur atas jati diri, kelebihan dan kekurangan, dan kesuksesan dan kegagalan.

“Bagaimana kita dapat bermanfaat kepada orang lain di sekitar kita dan bagaimana kita tetap selalu bersyukur atas segala cobaan atas jatuh dan bangunnya. Karena sejatinya hal itulah yang menjadikan kita orang yang sukses. Orang yang sukses adalah orang yang bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,” jawab Ayu Maulida disambut tepuk tangan meriah dari yang hadir diacara malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2020.

Sebagai wakil dari Jawa Timur yang berhasil meraih Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida mendapatkan banyak ucapan selamat, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  mengucapkan, selamat kepada Raden Roro Ayu Maulida Putri asal Jawa Timur yang terpilih menjadi Puteri Indonesia 2020. Ia menyampaikan hal tersebut lewat akun Instagramnya pada Sabtu (7/3/2020).

Khofifah mengunggah video terpilihnya Ayu Maulida Putri sebagai Puteri Indonesia 2020. Gubernur Jatim tersebut menulis kabar gembira untuk semua warga Jawa Timur.

Selamat dan sukses untuk anugerah ini. Semoga dapat lebih berprestasi lagi di ajang internasional dan mengharumkan nama Jawa Timur dan Indonesia,” tulis Khofifah di akun Instagramnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak pun turut menyampaikan ucapan selamat kepada Puteri Indoensia 2020 tersebut. Bahkan perjuangan Ayu dapat menjadi motivasi bagi masyarakat.

Alhamdullilah, suatu kebanggaan bagi Jawa Timur, @ayumaulida97 memenangkan Puteri Indonesia 2020. Yang membuat tambah salut, Ayu pernah hampir memenangkan Puteri Indonesia Jawa Timur beberapa tahun lalu dan meraih runner up,” kata Emil.

“Namun tahun ini Ayu berjuang kembali dan berhasil memenangkan Puteri Indonesia Jatim, bahkan malam ini memenangkan Puteri Indonesia. Semoga menjadi motivasi bagi kita semua. Sukses dan selamat untuk Raden Roro Ayu Maulida“. Ujar Emil.

Sebagai pemenang Puteri Indonesia 2020 yang juga penyandang gelar Busana Tradisional Terbaik Puteri Indonesia 2020, Ayuma akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020.

Siapa sangka jika dulu Ayu sempat tak dapat restu dari ibunda untuk terjun ke dunia modeling. Ia sempat dipertanyakan ibunda saat hendak mengambil kursus modeling di usia 14 tahun. Sampai datang sebuah kesempatan saat ia berkunjung ke mal dan ditawari sebuah agency untuk bergabung jadi model.

Sang ibunda akhirnya menyetujui setelah bertemu pemilik agency tersebut. Saat itulah ia mulai menggapai cita-cita sebagai model.

“Tidak tahu mimpi apa semalam sampai bisa menang, karena jujur aja, aku baru tidur jam empat pagi. Jam tujuh sudah bangun lagi. Tapi saya percaya ini berkat doa ibu dan kakak saya, hari ini bukan karena keberuntungan saja, tapi buah kerja keras dan harapan.” ungkap Ayu Maulida Putri.

Ayu Maulida sejak dulu menjadi siswa yang sangat aktif. Bahkan sejak di sekolah dasar. Perempuan yang mengaku bahwa jadi Puteri Indonesia adalah impian sejak kecil ini mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti drumband dan karate.

Sebelum menjadi pemenang Puteri Indonesia 2020, Ayu pernah mengiukuti ajang Asia Model festival 2019. Ayu berhasil unggul dari 79 peserta dari 27 negara di dunia.

Keberhasilannya itu membuatnya meraih gelar Face of Asia yang merupakan gelar tertinggi di ajang tersebut. Dinobatkannya Ayu Maulida sebagai Puteri Indonesia 2020 ini tentu diharapkan bisa mempertahankan hingga meningkatkan prestasi yang telah diukir Puteri Indonesia 2019 yakni Frederika Alexis Cull.

Pemegang gelar sarjana hukum ini sudah mengecap karier sebagai model sejak usia 14. Dunia modeling lantas membentuk dia menjadi pribadi yang pantang menyerah berani dan mandiri.

Ia memiliki advokasi bernama Senyum Desa yang didirikannya bersama teman pada 2018. Tujuannya untuk mencari solusi dari permasalahan desa dengan program-program yang mereka buat meliputi pemberdayaan perempuan dan anak-anak desa.

Mereka juga memberikan pembekalan tentang pentingnya pendidikan dengan memberikan penyuluhan dan seminar dan memberikan bantuan fasilitas fasilitas pendidikan seperti buku dan perpustakaan mini.***

Breaking News