oleh

Babinsa Koramil 05/Tanah Abang Bersama Tiga Pilar Razia PMKS

-Berita-46 views

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Babinsa Koramil 05/Tanah Abang Pelda Basuki dengan unsur 3 pilar Kecamatan Tanah Abang melaksanakan penertiban Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial PMKS di wilayah binaan. Penertiban yang berlangsung pada malam hari, juga diikuti jajaran personil Kecamatan Tanah Abang yang melibatkan 1 Anggota TNI, 24 anggota Sat Pol PP serta 4 orang P3S. Sabtu (25/4)

Dari hasil operasi tersebut jajaran aparat memperoleh data puluhan orang yang dinilai sebagai penyandang masalah sosial, yang terdiri dari : 16 Laki laki dan 7 perempuan, jumlah 23 orang, adapun ke 23 orang tersebut terjaring setelah jajaran aparat melakukan penertiban di beberapa jalan Ibu kota, seperti : di jalan Benhil Raya, Jl. KH Mas Mansyur, Jl. Fahrudin, Jl. Jati Bunder, Jl. KS Tubun, Jl. Pal Merah Utara dan Jl. Pejompongan.

Dari informasi yang diterima ke 23 PMKS selanjutnya di tampung dan didata oleh Dinas P3S di GOR Tanah Abang. Tiap tahun pemerintah kota melakukan razia dan penertiban PMKS terutama masa masa bulan Ramadhan. Terlebih dalam situasi Pandemi Covid – 19, keberadaan PMKS bisa menjadi ancaman penularan virus jika tidak ditangani dengan benar.

Umumnya PMKS menyandang status sebagai gelandangan, pengemis dan warga yang tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya. Berikut definisi PMKS yang dikutip dari berbagai sumber. PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) adalah seseorang, keluarga atau kelompok masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan atau gangguan, tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya (jasmani, rohani, dan sosial) secara memadai dan wajar. (Sumber Penerangan Kodim 0501/ Jakarta Pusat BS)

Breaking News