oleh

Dandim 0507/Bekasi Awasi Kedatangan PMI Dari Luar Negeri Di Posko Siaga Paduan Asrama Haji Bekasi

BEKASI, BERITA INDONESIA – Bertempat di Posko Siaga Asrama Haji.Jl Kemakmuran no 72 Kel Margajaya Kec Bekasi Selatan Kota Bekasi, Rabu malam (13/05/2020) Dandim 0507/Bekasi Kolonel Inf Rama Pratama.M.Si.(Han) bersama Tim Satgas Paduan Asrama Haji melakukan pengawasan Kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar Negeri.

Berselang dua hari kebelakang Sesuai perintah dari Komando Atas Dandim 0507/Bekasi Kolonel Inf Rama Pratama,M.Si.(Han) mendapatkan perintah untuk menyiapkan Posko dan Lokasi Isolasi Mandiri bagi PMI dari luar Negeri di Komplek Asrama Haji Bekasi.

Selama dua hari Dandim 0507/Bekasi beserta Tim nya bekerjasama untuk meyiapkan semua sarana dan prasarana yang akan dipergunakan untuk Posko dan Lokasi Isolasi Mandiri bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar Negeri.

Sesuai dengan rapat koordinasi Dandim 0507/Bekasi beserta para Stafnya dengan KKP Bandung dan Karyawan Asrama Haji Bekasi, Area Komplek Asrama Haji Bekasi dibagi menjadi tiga (3) Zona dengan tulisan menggunakan Banner. Dan sesuai kesepakatan pembagian Area, yang pertama merupakan area aman atau Zona Hijau yaitu dari mulai gerbang utama, Gedung Utama, Gedung Muzdalifah, Aula Besar dan Masjid. Untuk yang kedua merupakan area Hati-hati karena tempat turun dan pemeriksaan para PMI atau Zona Kuning yaitu dari mulai Gerbang Tengah dengan batas gerbang parkiran belakang, dapur dan Poliklinik. Untuk yang ketiga merupakan area Bahaya karena tempat ini digunakan untuk Isolasi Mandiri para PMI atau Zona Merah yaitu dari mulai Gerbang pintu Gedung E Mina dan Gedung D.

Kegiatan Isolasi Mandiri ini sebagai antisipasi untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang tidak menutup kemungkinan di bawa oleh para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar Negeri. Sebagaimana yang disampaikan oleh dr.Medi dari pihak KKP Bandung, beliau menyampaikan ”Kami dari Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandung yang ditunjuk langsung untuk menangani dan melakukan pemeriksaan terhadap para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar Negeri, akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum mereka memasuki ruang Isolasi Mandiri, hal ini untuk mengetahui apakah orang itu positif covid-19 atau tidak?” jelas dr.Medi. lanjutnya “hasil ini dapat ditentukan setelah tiga hari melalui masa Isolasi Mandiri awal, apabila mereka tidak terindikasi positif mereka akan langsung dipulangkan dengan syarat mereka setelah datang ke tempat tinggalnya masing-masing melakukan Isolasi Mandiri dirumah. Dan untuk yang terindikasi positif akan tetap melakukan Isolasi Mandiri sampai dengan pemeriksaan lanjutan”.jelas dr.Medi.

Dandim 0507/Bekasi Kolonel Inf Rama Pratama,M.Si.(Han) selaku Dansatgas Paduan Asrama Haji Bekasi dibantu oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandung di ketuai oleh dr.Meris, Kesdim Bekasi oleh dr.Berty dan dari Pasukan Marinir oleh Kapten Mar Galih, bekerjasama untuk melakukan protocol Covid-19 untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar Negeri.

Untuk pengawasan dan pengamanan Komplek Lokasi Isolasi Mandiri di lakukan oleh personil gabungan dari Kodim 0507/Bekasi, Yon Marinir, Yon Armed 7 105/GS, Sat Pol PP Pemkot Bekasi, Sub Denpom-2/1 Bekasi, Sat Komplek Asrama Haji Bekasi dengan unsur pendukung Polkes.9 Bekasi, Dinkes Pemkot Bekasi  dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandung.

Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar Negeri dalam kedatangannya secara berangsur dengan tiga (3) kali kedatangan, untuk kedatangan pertama tiba di asrama haji kota Bekasi pukul 16.37 wib jumlah 64 orang PMI dari Hongkong dengan menggunakan tiga kendaraan Bus, kedatangan kedua tiba di asrama haji kota Bekasi pukul 19.30 Wib jumlah 83 PMI dari Taipe dengan menggunakan lima kendaraan Bus dan kedatangan yang ketiga tiba di asrama haji kota Bekasi pukul 23.47 Wib 48 orang PMI dari Korea. Total 195 orang.

“Kami semua berharap semoga Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar Negeri ini tidak ada yang terindikasi Positif Covid-19 agar mereka bisa cepat untuk pulang ke tempat tinggalnya masing masing” Harap Dandim Dandim 0507/Bekasi Kolonel Inf Rama Pratama.M.Si.(Han)

Dandim juga menghimbau kepada warga masyarakat disekitar Komplek Asrama Haji, “saya himbau kepada seluruh warga Kota Bekasi, Khususnya warga disekitar Komplek Asrama Haji Bekasi agar tidak panik dan tidak menyebarkan Issue atau Hoax yang tidak benar, karena Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar Negeri ini akan di Isolasi Mandiri dan di jaga ketat oleh aparat gabungan dan tidak berkeliaran bebas diluar sampai dinyatakan bebas covid-19”, jelas Dandim.***

 

 

 

 

Pendim 0507/Bekasi

Breaking News