oleh

Doa serta Amalan Agar Terhindar dari Penyakit Menular, Seperti Virus Corona

WABAH VIRUS CORONA, penyakit yang biasanya menyerang paru-paru ini mulai merebak awal Januari 2020, pertama menyebar di wilayah Wuhan ibu kota provinsi Hubei Cina Tengah, China. Sejauh ini jumlah korban terjangkit Virus Corona ini sudah mencapai 7.711 kasus, bertambah sebanyak 1.737 kasus baru dalam sehari, total korban meninggal mencapai 170 orang.

Agar terhindar dari wabah penyakit menular seperti Virus Corona ini, umat Islam dianjurkan memperbanyak berdoa kepada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa agar terhindar dari wabah penyakit menular, seperti diajarkan Rasulullah kepada para sahabat. Doa ini bersumber dari hadis sahih riwayat Abu Daud yang didapatkan dari Anas Radhiyallahu’anhu yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad pernah mengucapkan doa tersebut.

Ketika itu, Nabi memohon perlindungan kepada Allah dari penyakit yang saat itu sedang mewabah, dikutip dari buku kumpulan Do’a & Wirid karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

Allaahumma innii’auudzu bika minal baroshi wal junuuni wal judzaami wa sayyi il asqoom

Artinya:
“Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra dan keburukan segala macam penyakit.”

Doa tersebut sesuai dengan Hadis Riwayat Abu Dawud nomor 1554. Doa agar terhindar dari wabah penyakit ini dapat dibaca kapan saja, misalnya saat sedang duduk atau pun selesai salat.

Hal yang sama juga dianjurkan olehPengasuh Pondok pesantren Daarul Quran (DQ) Ketapang, Cipondoh, Cikarang, Tangerang, Ustadz Yusuf Mansur. Lewat akun instragram @yusufmansurnew.

Ustadz Yusuf Mansur menganjak umat Islam untuk berzikir mengerjakan amalan menolak bala pada pagi dan sore untuk mengantisipasi Virus Corona yang mewabah.

Selain itu Yusuf Mansur juga menyerukan untuk membaca Surah An Nas, Al Falaq, dan Al Ikhlas. “Di antara zikir pagi zikir sore, ada kan baca 3 Surah Qul?” tulisnya.

“Coba saja lihat. Itu isinya minta perlindungan ke Allah. Di antaranya dari segala keburukan, kejahatan, kenegatifan, kejelekan, ciptaannya Allah sendiri… Min syarri maa kholaq… Di Qul a’uudzu biRobbil Falaq,” tambahnya.

Sementara dikutip dari Alquran, Surah An Falaq bacaannya yaitu:

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ﴿١﴾ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ ﴿٢﴾ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ ﴿٣﴾ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ ﴿٤﴾ وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ ﴿﴾٥

Surat Al-Falaq Teks Latin

  1. Qul a’udzu birobbil falaq
  2. Min syarri ma kholaq
  3. Wamin syarri ghosiqin idza waqob
  4. Wamin syarrin naffatsati fiil ‘uqad
  5. Wamin syiarri haasidin idza hasad

Arti Bahasa Indonesia Qs Al-Falaq

  1. Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh,
  2. dari kejahatan makhluk-Nya,
  3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,
  4. dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus di buhul-buhul ,
  5. dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”.

Setelah baca Surah Al Falaq, Al Ikhlas, dan An Nas, Yusuf Mansur juga mengingatkan supaya membaca Ayat Kursi.

“Bahaya ya engga kena kalau Allah sudah mau melindungi. Keselamatan ya engga berlaku, kalau Allah juga sudah engga berkenan melindungi. Pertolongan apapun dan siapapun, engga guna,” tulisnya.

“So? Dibaca bener. Cari tahulah sedikit di internet. Penting ini, mau minta perlindungan dan pertolongan siapa lagi? Yang otoritasnya paling tinggi, paling luas, paling hakiki.” Tambah Yusuf Mansur.

Ia melanjutkan, di zikir pagi sore, ada bacaan bismillaahilladzii laa yadhurru ma’asmihii syai-un fil ardhi walaa fissamaa-i. Wahuwassamii’ul ‘aliim. Bacaan ini, andai dibaca, lalu harus melewati sekawanan binatang buas lagi berbisa, beracun, lapar, dan bahaya, niscaya enggak kena sama sekali. “Dibaca tiga kali yang ini,” tuturnya.

“Saya juga sudah menulis buku khusus tentang zikir pagi zikir sore. RKK judulnya. Rahasia Kekayaan dan Ketenangan. Rahasia keselamatan dan Kemakmuran. Rahasia Kedamaian dan keberlimpahan,” ucapnya.

Amalan terakhir untuk mencegah virus korona menurut Yusuf Mansur adalah bersedekah. “Kemana saja bersedekah, terserah. Sedekah itu tolak bala. Baadiruu bishshodaqoh. Segera saja sedekah. Fa innal balaa-a, laa tuqoththoohaa… Karena bala apapun, engga akan bisa mendahului sedekah. Semoga manfaat ya,” pungkasnya.***

Breaking News