oleh

Kasudinkes Jaktim Himbau dan Antisipasi Wabah Virus Corona

-Berita, Nasional-249 views

JAKARTA, BERITA INDONESIA – Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur mengimbau warga Jakarta, khususnya Jakarta Timur untuk waspada terhadap wabah pneumonia berat yang berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) setelah mendapat laporan dari China tentang lonjakan angka kematian terbesar dalam sehari, akhirnya mengumumkan situasi darurat global terkait Virus Corona yang mematikan, Kamis (30/1/2020).

Sesuai perkembangan situasi ini, dalam keterangan tertulisnya kepada Berita Indonesia Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur (Kasudinkes Jaktim) dr. Indra Setiawan H mengatakan, “terkait pencegahan penyakit yang diakibatkan Virus Corona ini, Sudinkes Jaktim antisipasi yang diutamakan adalah promotif dan preventif”, ujar Kasudinkes Jaktim, Kamis (30/1/2020).

“Dimana untuk sosialisasi promotif merupakan suatu hal yang penting, hal ini bisa dilakukan dengan pertemuan, melalui media elektronik, media sosial, atau pun spanduk dan brosur-brosur,  sedangkan langkah preventif, mulailah budayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, etika batuk, cukup makan buah dan sayur, hindari alkohol dan rokok, cukup istirahat”, imbuh dr. Indra Setiawan H.

Kasudinkes Jaktim menganjurkan, apabila ada warga yang dengan keluhan panas, batuk pilek, sesak napas dan 14 hari sebelum sakit mengadakan perjalanan ke negara terjangkit (China, khusus nya kota Wuhan) agar :

  1. Untuk masyarakat yang mengalami gejala demam, batuk, sesak napas dan baru kembali dari negara yang terjangkit Pneumonia akibat N.coronavirus, dalam 14 hari sebelum sakit agar segera ke berobat ke Puskesmas atau RS terdekat. Berikan informasi yang jelas kepada tenaga kesehatan tentang riwayat perjalanan.
  2. Terapan etika batuk (menutup mulut/hidung saat bersin atau batuk dengan menggunakan tissue).
  3. Gunakan masker jika menderita sakit dengan gejala infeksi saluran nafas.
  4. Sering mencuci tangan terutama setelah batuk atau bersin, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah merawat binatang.
  5. Cuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun serta bilas kurang lebih 20 detik. Jika tidak tersedia air dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80%.
  6. Jika sedang sakit kurangi aktifitas di luar rumah dan batasi kontak dengan orang lain.
  7. Segera ke Puskesmas / RS terdekat, dan ceritakan riwayat perjalanan ke negara terjangkit ke Petugas Kesehatan.

Mengantisipasi wabah Virus Corona nCoV yang dapat menular dan belum ada vaksin yang dapat mencegah virus tersebut, Sudinkes Jaktim menghimbau :

  1. Lakukan pola hidup bersih dan sehat.
  2. Cuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun, bilas kurang lebih 20 menit
  3. Biasakan cuci tangan setelah batuk/bersin, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, setelah menggunakan toilet, sesudah merawat binatang.
  4. Terapkan etika batuk (tutup mulut/hidung saat batuk atau bersin dengan menggunakan tissue)
  5. Cukup berolah raga.
  6. Cukup makan sayur buah dan air.
  7. Istirahat yang cukup.

 

 

Reporter : Marganda P.

Editor : Irawan

Breaking News