oleh

Kombes Pol Edy Sumardi P. SIK, MH : Apa itu Cyber Bullying?

BANTEN, BERITA INDONESIA – Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi P SIK MH memberikan pencerahan kepada sahabat Humas Polri seluruh Indonesia tentang Cyber Bullying pada Minggu (02/02/2020).

Menurut Kombes Pol Edy Sumardi P SIK MH, “Cyber Bullying adalah segala bentuk kekerasan yang dialami oleh anak atau remaja, yang dilakukan oleh teman seusianya melalui media Internet atau dengan bantuan tehknologi lainnya”, ujar Kombes Edy.

“Dalam perkembangannya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya Cyber Bullying di kalangan masyarakat dalam lingkungan yang kompleks, tidak ada faktor tunggal yang menyebabkan munculnya terjadi Bullying atau kekerasan”.

Ditambahkaan Kombes Edy, “sampai saat ini jenis Bullying yang berkembang di tengah masyarakat yaitu, Bully Relasional (Tidak Mudah Di Identifikasi), Bully Verbal (Penindasan dengan Kata – kata), Bully Non Verbal (Melakukan Tindakan yang tidak menyenangkan) dan bully fisik (Melakukan Kekerasan)”, jelasnya.

“Saat ini bentuk Cyber Bullying yang sering terjadi di media sosial (Medos), diantaranya penyebaran kebencian, pengungkapan data pribadi seseorang, pemberian komentar pada ujaran – ujaran kebencian dan pengeditan foto yang menjadi meme, menjadi Back Stander : ikut memberikan Like pada postingan yang tergolong aksi bullying”, ungkap Kombes Edy.

Kombes Edy menjelaskan, untuk menghindari dan menghentikan Cyber Bullying adalah dengan cara tidak merespon, jangan membalas aksi pelaku, adukan kepada orang yang dipercaya, simpan semua bukti, segera blokir aksi pelaku, selalu berprilaku sopan di dunia maya dan jadilah teman dan jangan hanya diem saja ketika mengetahui terjadinya Bullying disekitar kita. (Teja Sanjaya)

Breaking News