oleh

Komplotan Perampok “Geng Teras” yang Bacok Pria di Depok Dikenal Sadis

-Berita, Hukrim-110 views

DEPOK, BERITA INDONESIA – Tim gabungan Polda Metro Jaya dan Polresta Depok menangkap komplotan perampok yang membacok pria hingga tewas di Harjamukti, Cimanggis, Depok. Komplotan ini memiliki nama ‘Geng Teras’, yang dikenal sadis dalam menjalankan aksinya.

“Jadi mereka ini adalah kelompok Geng Teras atau ‘Tongkrongan Rakyat Selow’,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Kelompok ini beranggotakan 8 orang. Dari 8 orang tersebut, 7 di antaranya tertangkap.

“Dua orang terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur, karena pada saat diminta menunjukkan barang bukti, kedua orang ini melakukan perlawanan dengan senjata api dan senjata tajam, sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur sehingga meninggal dunia,” bebernya.

Yusri mengatakan komplotan ini terbilang sadis dalam melakukan aksinya. Sebab, mereka kerap melukai korban, bahkan tidak segan-segan menghilangkan nyawa korbannya.

“Mereka ini adalah kelompok yang sadis,” ujar Yusri.

Sementara itu, menurut Kapolres Metro Depok, Kombes Azis Andriansyah, Jumat (3/4/2020) mengatakan, rangkaian peristiwa kriminal tersebut bermula pada Kamis (31/3/2020) jelang tengah malam. Pukul 23.45, para anggota geng Teras itu sudah berkeliaran di Jalan Putri Tunggal.

Mereka lalu memeras pemotor berinisial N. Korban lalu didekap hingga ditodong sepucuk senjata api jenis air soft gun.

“Kemudian barang-barang milik korban diambil, di antaranya 2 ponsel dan 1 sepeda motor. Setelahnya pelaku melarikan diri,” terang Azis.

Sekitar 100 meter dari sana, mereka menyambangi warung milik F dan membacok F sampai meninggal dunia.

Para anggota geng Teras lalu menggondol perhiasan gelang dan kalung, uang Rp 2 juta, dan ponsel.

Selanjutnya mereka melakukan pencurian dengan kekerasan lagi dengan korban pedagang tahu, juga di Jalan Putri Tunggal, sebelum menyasar dua korban lainnya.

“Kelompok ini cukup sadis karena beberapa kali melakukan aksinya di Depok. Misalnya, kasus di Cimanggis yang korbannya ditusuk itu pelakunya dari geng ini. Setelah kami dalami ada 10 peristiwa yang dilakukan kelompok ini. Masih kami dalami lagi apakah ada peristiwa lain,”  ungkap Azis.

Enam dari 9 anggota geng Teras ditangkap polisi, Kamis (2/4/2020) lalu di Jalan Raya Kranggan, Jatisampurna, Kota Bekasi, domisili mereka.

Tiga pelaku masih buron. Keenam tersangka ditembak polisi. Empat dilumpuhkan di area kaki, sedangkan dua lainnya dengan alias Arul dan Ala — yang disebut sebagai otak dan eksekutor aksi — ditembak mati.

Dari tangan para pelaku, polisi menyita aneka barang bukti, mulai dari 1 pucuk senjata soft gun, golok, celurit, kunci letter T, dan 2 sepeda motor.

Empat pelaku yang kini ditahan di Mapolres Metro Depok. Mereka yakni berinisial JAR (17), MGA (22), MYH (18), dan RP (22). Mereka terancam dijerat Pasal 365, 338, dan 351 ayat 3 KUHP dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara hingga seumur hidup.***

Breaking News