oleh

LSM Inakor Bolmong : Pihak Berwenang Diminta Lakukan Pengawasan Terhadap PT Conch North Sulawesi Cement

-Berita, Daerah-365 views

SULUT, BERITA INDONESIA – Aktifitas kegiatan bongkar muat PT Conch North Sulawesi Cement (PT CNSC) di dermaga khusus Bolaang Mongondow, Inobonto, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) membuat pekerja lokal serta warga seputaran dermaga menjadi resah .

Kegiatan bongkar muat mengangkut semen di Dermaga dan kapal tersebut mengunakan sejumlah tenaga kerja asing dan lokal, kini menjadi perbincangan sejumlah aktifis lingkar tambang dan warga sekitar area dermaga khusus PT CNSC.

Adanya sejumlah pekerja asing dalam mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) warga setempat meminta pengawasan lebih ditingkatkan. Perhatian khusus dari pemerintah dan managemen PT CNSC untuk menjaga terjadinya kontaminasi antara sesama pekerja lokal dengan anak buah kapal (ABK) serta pekerja asing saat melakukan kegiatan peking dan bongkar muat di Dermaga.

Menyikapi hal tersebut aktivis LSM Inakor Bolmong, Julkifli Talibo mengatakan “meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bolmong, Dinas Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Sulut untuk segera melakukan pemeriksaan lanjutan secara rutin pada semua pekerja peking bongkar muat di Dermaga”, ujar Julkifli kepada Berita Indonesia, Kamis (27/03/2020).

“Kami juga meminta pada pihak Manajemen PT CNSC, agar melakukan tindakan tegas kepada ABK yang turun dari kapal dan berkeliaran di seputaran dermaga, serta membatasi hubungan dan jarak antara pekerja lokal dengan ABK tenaga kerja asing yang sama-sama melakukan kegiatannya di dermaga”, kata Talibo.

Ditambahkan Talibo, “Langkah antisipasi ini dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, sehingga   perlu adanya kerjasama antara pemerhati atau penggiat dengan aparat berwenang sebagai mitra kerja dan sebagai fungsi sosial kontrol, sebab pihak pebisnis semen PT CNSC sangat banyak yang berdatangan dari luar daerah maupun luar negeri, saat ini kapal pengangkut lagi rutin beraktifitas di dermaga Conch”, jelas Talibo.

Dalam pencegahan penyebaran Covid-19 sangat penting langkah-langkah antisipasi, dengan memantau langsung para pekerja, pemerintah dan pihak penangung jawab PT CNSC agar lebih memperhatikan kesehatan serta keselamatan kerja (K3). “ hal ini merupakan bagian penting untuk buruh bongkar muat lokal, karena menjadi tanggung jawab dari PT  CNSC untuk selalu mengedepankan pemberlakuan K3 terhadap karyawan dan buruh”, ungkap Talibo. (JS)

Breaking News