oleh

OTT KPK Tetapkan Enam Tersangka Korupsi di Sidoarjo

JAKARTA, BERITA INDONESIA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sebagai tersangka dalam kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) kasus tindak pidana korupsi terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Selain menetapkan Bupati Sidoarjo (periode 2010-2015 dan 2016-2021) KPK juga menetapkan lima orang tersangka lainnya.

Lima tersangka lainnya , SST (Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo), JTE (Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo), dan SSA (Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan), serta diduga sebagai pemberi, IGR dan TSM (pihak swasta).

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, “penyidik sudah menyita sejumlah dokumen dalam penggeledahan yang dilakukan di sejumlah tempat di Sidoarjo. Penambahan tersangka bisa saja dilakukan, itu melihat pengembangan kasusnya,” ujar Ghufron Rabu (15/1/2020).

Ditambahkan Ghufron, “saat ini Saiful Illah sudah ditahan di rumah tahanan KPK. Penyidik KPK juga sudah menggeledah sejumlah tempat di Sidoarjo, juga menyita uang sejumlah uang tunai dalam mata uang rupiah, dollar Singapura, dan dollar Amerika”, ungkap Ghufron.

Dalam OTT Bupati Sidoarjo ini, KPK telah menyita uang senilai Rp.1.813.300.000, diduga Saiful Ilah telah menerima suap Rp. 550.000.000 dari pihak swasta terkait pengadaan barang dan jasa proyek infrastruktur. KPK juga telah melakukan penggeledahan dan penyitaan, ditemukan sejumlah uang sekitar 64 ribu dollar Amerika Serikat, 35 ribu dollar Singapura dan uang rupiah sekitar 6,5 miliar.***

 

 

Sumber : KPK
Editor : Irawan

Breaking News