oleh

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau dan Pimpin Apel Prajurit di Pulau Sebaru

KEP. SERIBU, BERITA INDONESIA – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji meninjau tempat observasi WNI anak buah kapal (ABK) World Dream di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kamis (27/02/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Panglima TNI dan Kapolri menempuh perjalanan laut menggunakan KRI John Lie 358. Setibanya di pulau tersebut, rombongan nampak berkeliling Pulau Sebaru meninjau kesiapan untuk menyambut 188 WNI ABK.

Panglima TNI ingin memastikan, persiapan keseluruhan dan kebutuhan logistik saat ini sudah mencapai 85%. Panglima TNI meminta kepada jajarannya untuk bekerja secara optimal dalam menyambut 188 WNI ABK World Dream yang akan menjalani observasi di Pulau Sebaru.

“Meninjau apa-apa saja yang diperlukan, saya dengan Bapak Kapolri mengecek langsung terkait mess, apakah AC sudah dipasang dukungan lain termasuk sanitasi dan klinik tempat itu berada,” ujar Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, juga akan menyiagakan helikopter dan kapal untuk kebutuhan transportasi apabila ada situasi gawat darurat.

Adapun persiapan yang sudah 85% ini tinggal tahap penyempurnaan saja. “85 persen tinggal toilet portabel, genset, penjernih air kemudian perlengkapan lain seperti oksigen hanya tinggal pasang,” Terang Panglima TNI.

Panglima TNI juga meminta jajaran untuk lembur agar proses tempat observasi bisa cepat selesai.

“Mudah-mudah besok siang sudah tiba di sini dan berdoa di sini ombak nggak besar, sehingga peralihan dari kapal ke pulau tidak terkendala,” Tegasnya.

Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu yang dijadikan tempat observasi 188 WNI anak buah kapal (ABK) World Dream sudah sesuai standar WHO. Standar itu meliputi alat kesehatan hingga lokasi yang tidak mudah dijangkau oleh publik.

“Pemeriksaan kita lakukan sesuai dengan protokol kesehatan WHO, sesuai aturan saja. Apabila ada kedaruratan kita siapkan transportasi laut atau udara,” Terang Panglima TNI.

Adapun Prajurit TNI dan Anggota Polri yang bertugas dilokasi ini sejumlah 763 Personel yang memiliki tugas masing-masing sesuai bidangnya.***

Breaking News