oleh

Rumah Sakit Darurat Covid-19, 4 Tower Wisma Atlet Kemayoran Disiapkan

-Berita-64 views

JAKARTA, BERITA INDONESIA – Pemerintah akan menyiapkan 4 menara Wisma Atlet Kemayoran Jakarta untuk menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan menargetkan rumah sakit bisa beroperasi Senin (23/03/2020).

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, “Sesuai arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kami telah menyiapkan empat tower di Wisma Atlet Kemayoran untuk RS Darurat COVID 19,” ujarnya, menyampaikan hasil Rapat Koordinasi Penanganan Covid 19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Kamis, (19/03/2020).

“Kementerian PUPR akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 yakni dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Kementerian BUMN dan pihak terkait agar RS Darurat Covid-19 ini cepat selesai, jika memang diperlukan penyesuaian atau pembongkaran fisiknya, kami siap,” kata Khalawi.

Menurut Khalawi menjelaskan, keempat tower  tersebut yakni Tower 1, 3, 6 dan 7 yang semuanya berada di Blok D10. Tower 6 secara utuh mulai lantai 1 hingga 24 akan digunakan sebagai ruang rawat inap pasien. Kapasitas yang tersedia adalah 650 unit dan dapat menampung 1.750 orang”, jelas Khalawi.

Keempat menara wisma tersebut diperkirakan dapat menampung pasien yang cukup banyak, namun tetap memperhatikan kesehatan tenaga medis dan keamanan yang bertugas.

Wisma Atlet kemayoran terdiri dari 10 tower, bangunan yang awalnya untuk hunian sementara para atlet Asian Games/Paragames 2018 ini mencakup 7.426 unit. Tujuh tower pertama berada di Blok D-10 yang terdiri dari 5.494 unit.

Tak kurang dari 16.482 orang dapat ditampung dalam tujuh tower wisma atlet ini. Sementara tiga tower  lainnya berada di Blok C-2 yang terdiri dari 1.932 unit. Tiga tower ini dapat menampung 5.796 orang. Setiap unit memiliki luas 36 meter persegi, yang dilengkapi dengan dua kamar tidur.

Di masing-masing kamar tidur sudah terdapat kasur serta lemari yang bisa digunakan untuk menyimpan pakaian dan barang lainnya.

Selain itu, gedung Wisma atlet juga dapat menampung parkir 190 bus, 186 mobil, dan 33 minibus, termasuk sepeda dan sepeda motor di Blok C3. Sementara itu di Blok B8 area parkirnya dapat menampung 112 mobil dan 29 bus, serta sepeda dan sepeda motor.

Breaking News