oleh

Sekapur Sirih dari Danrem 031/WB, Turut Melepas Kukerta Mahasiswa UNRI

-Berita-26 views

Pekanbaru – Pelepasan Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) Balek Kampung Mahasiswa Bina Abdi Desa Universitas Riau Tahun 2020 Oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Dr.(H.C) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. digelar secara daring melalui media Zoom dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Riau Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, M.Sc. dari Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UNRI. UNRI bersama Kemendes PDTT selama ini telah menjalin kerjasama dalam pelaksanaan pembangunan desa khususnya di wilayah Provinsi Riau. “Kami mengucapkan Terima kasih kepada Danrem 031/WB, Forkopimda dan Pemerintah Daerah Riau, ujar Rektor Universitas Riau dalam sambutannya.

Rektor juga menjelaskan, “Kukerta merupakan wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dalam membantu pemerataan pembangunan ditengah-tengah masyarakat, Kukerta kali ini bertema Balek Kampung, dimana para mahasiswa melaksanakan Kukerta di desa asal mereka. Hal ini juga mengusung Protokol Kesehatan Covid -19. Potensi yang ada di desa tersebut diharapkan dapat di gali oleh mahasiswa bersama Babinsa, Bhabinkabtimas dan masyarakat agar dapat bersinergi dilapangan”.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed S.E., M.Han. juga memberikan sambutan singkat berupa Sekapur Sirih kepada mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau Tahun 2020. Diawali dengan pantun, dalam sambutannya Danrem menyampaikan, kegiatan ini adalah salah satu kesempatan terbaik untuk menggali potensi dan mengimplementasikan ilmu yang telah adik-adik mahasiswa dapatkan selama ini, dengan langsung terjun di tengah-tengah masyarakat melalui Kukerta.

“Sebagaimana kita ketahui, bahwa Kukerta merupakan bentuk pengabdian yang dilakukan mahasiswa setelah mendalami ilmu di bangku perkuliahan. Untuk itu, diharapkan melalui Kukerta Balek Kampung ini, dapat menjadikan mahasiswa sekalian memiliki dedikasi tinggi dan memiliki pola berpikir yang dewasa untuk menghadapi polemik permasalahan yang ada. Saya atas nama Komandan Korem 031/Wira Bima dan pribadi, sangat menyambut baik terlaksananya kegiatan Kukerta dengan tajuk. Semoga melalui Kukerta ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran dan peningkatan kualitas hidup masyarakat, ungkap Danrem.

Sebelumnya, pada kesempatan terebut Menteri Desa PDTT Dr.(H.C) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. juga menyampaikan, ” Saya merasa bangga dan bahagia karna dilibatkan dalam pelepasan Kunker Mahasiswa UNRI guna membangun pedesaan di wilayah Riau. Hal ini sangat di harapkan karna merupakan tugas mulia dalam membangun desa sehingga proses kesejahteraan desa dapat terwujud.

Program Balek Kampung merupakan Inovasi yang tepat, dimana mahasiswa tidak perlu repot-repot lagi dalam beradaptasi dalam Kukertanya. Selain itu perencanaan pembangunan desa dapat lebih dioptimalkan. Kepada para mahasiswa yang akan melaksanakan kunkerta di pedesaan, amalkan ilmu yang selama ini kalian dapatkan sehingga berguna bagi Masyarakat yang ada di Desa.” ujar Menteri Desa PDTT. Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Gubernur Riau, polda Riau dan para Bupati se-Provinsi Riau.(Pen031)

Breaking News