oleh

Viral ! Surat Bansos Corona Bangka Belitung Cantumkan Syarat Agama

-Berita, Nasional-274 views

BABEL, BERITA INDONESIA – Surat edaran yang dikeluarkan Dinas Sosial (Dinsos) Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada 30 Maret 2020 terkait bantuan sosial Covid-19 mendadak jadi perbincangan di media sosial. Surat tersebut menuai kecaman banyak pihak, karena mencantumkan syarat agama sebagai kriteria penerima bantuan.

Surat edaran yang ditujukan pada Dinas Sosial kabupaten/kota, agar kabupaten/kota melaporkan data calon mustahiq atau penerima bantuan. Kemudian dicantumkan sejumlah syarat, salah satu syarat penerima bantuan harus beragama Islam. Surat edaran inilah yang memicu perhatian publik, dan menjadi viral di media sosial dan beredar di berbagai grup percakapan WhatsApp.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman membenarkan beredarnya surat dari Dinsos Pemprov Babel tersebut, dan dirinya sudah mengeluarkan surat peringatan kepada Kepala Dinsos (Kadinsos) Babel.

Surat teguran Gubernur Bangka Belitung

Dikatakan Erzaldi, seharusnya surat yang dikirimkan tersebut bukan ditujukan ke Dinsos Kabupaten/kota, melainkan ke Dewan Masjid Indonesia (DMI). Karena pihaknya, sudah mengajukan bantuan sosial kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) wilayah setempat untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Karena yang dipergunakan itu uang zakat, kalau uang zakat itukan memang untuk orang Muslim. Harusnya ke DMI, jangan ke dinsos,” ujar Erzaldi, Sabtu (11/04/2020) malam.

Erzaldi pun menyayangkan terkait surat yang di keluarkan Kadinsos Babel. Sehingga membuat kebingungan di kalangan masyarakat Bangka Belitung.

“Keteledoran beliau, membuat surat yang mungkin salah arah. Ini bisa SARA lo orang,” katanya.

Orang nomor satu di Babel ini pun menegaskan jika bantuan sosial yang bukan berasal dari zakat maka semua berhak menerima.

“Kita tidak seperti itu, bantuan sosial ini berlaku untuk semua orang,” tegasnya.

Ia pun menyerahkan proses sanksi yang akan diterima Kadinsos Babel kepada Inspektorat. “Kemungkinan akan dinonjobkan,” jelasnya.***

Breaking News